Bakinonline.com

Jakarta, Bakinonline.com

Presiden Joko Widodo menghargai keputusan pemerintah Arab Saudi untuk menghentikan sementara visa umrah terkait dengan merebaknya Virus Corona. Kebijakan ini membuat jemaah umrah peziarah tidak bisa mengunjungi kota suci Mekkah untuk sementara waktu.

“Itu kebijakan dari pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai, kita menghormati, karena apapun yang namanya kesehatan itu dinomor satukan oleh pemerintah Arab Saudi. Kita sangat menghargai,” ujar Jokowi kepada awak media saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Jokowi meyakini keputusan Arab Saudi itu juga diterapkan ke negara lain. Ia sendiri belum membahas lebih lanjut keputusan tersebut dengan Kementerian Agama selaku pihak yang berwenang mengelola umrah.

“Saya baru dapat informasi kemarin. Saya kira ini tidak hanya untuk Indonesia, tapi untuk semua negara karena mereka ingin melindungi warga negaranya dari Virus Corona. Kita sangat menghargai itu,” katanya.

Aturan penangguhan umrah dirilis Kerajaan Arab Saudi pada Kamis (27/2/2020) dini hari. Dalam rilis itu, “Kementerian Luar Negeri Saudi melarang sementara warga negara asing yang ingin masuk ke negara dalam rangka ibadah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawai di Madinah.”

Selain berhenti mengeluarkan visa umrah, Saudi juga menyetop pemberian visa wisata bagi wisatawan asing yang berasal dari negara-negara yang memiliki kasus virus corona.

# Red. Bakin