wisata di borobudur jateng ...
bakinonline.com

Jateng & DIY – bakinonline.com

Lokasi Jawa Tengah dirasa sangat strategis. Di saat wisatawan domestik masih takut naik pesawat, Jateng siap menampung turis jalur darat dari Jabar-Jatim dan daerah lain.

Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, Badan Otoritas Pariwisata Borobudur (BOPB) tetap optimis bisa menarik wisatawan domestik. Lokasi destinasi wisata di Jawa Tengah yang strategis diharapkan mampu menarik wisatawan yang menempuh jalur darat akibat masih takutnya mereka naik transportasi udara/ pesawat.

“Posisi Jawa Tengah dan DIY itu ada di tengah pulau Jawa. Jadi kita ada di posisi yang sangat sentral, dimana ada banyak sekali kunjungan dari kiri-kanannya. Ini jadi daerah dengan destinasi yang digemari karena orang masih banyak yang belum berani terbang,” ungkap Indah Juanita, Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Borobudur (BOPB) Jawa Tengah .

Jpeg

Jawa Tengah diapit oleh beberapa bandara, seperti Bandara Ahmad Yani, Bandara Adi Soemarmo, Bandara Adi Sucipto dan yang terbaru Yogyakarta International Airport. Serta keberadaan Jalan Tol Trans Jawa, Sehingga Jawa Tengah dan DIY sangat tepat untuk tujuan wisata saat ini.

“Ini peluang untuk bisa menerima kunjungan wisatawan apabila masa pandemi corona sudah berakhir. Walaupun tidak tertutup kemungkinan sekarang sudah mulai banyak juga kunjungan yang masuk ke DIY dan Jawa Tengah,” ujar Indah.

Sedangkan untuk urusan investasi, BOPB sudah menyiapkan spot baru, yaitu Borobudur Highland yang berlokasi di Purworejo. Nantinya di sana akan ada 1000 kamar dengan kapasitas 500 ribu pengunjung per tahun.

Ada juga destinasi lainnya yang tengah dikembangkan yaitu Tlogo Wening yang siap untuk dibangun. Destinasi ini memiliki ikon Rawa Pening, sebagai danau alam terbesar di Pulau Jawa dengan luas 2.670 hektar.   (anank/red.bkn)