Bakinonline.com

Klaim jumlah peserta yang diungkap sejumlah pihak pada acara Reuni 212 menimbulkan perdebatan. Berapa jumlah peserta yang hadir pada Minggu (2/12/2018) kemarin, Pertanyaan yang tidak mudah untuk dijawab. Prabowo Subianto, saat memberikan pidato di acara tersebut, menyatakan kebanggaannya terhadap Reuni 212.

Dalam kesempatan itu, Prabowo menyampaikan mengungkapan diatas panggung, “Ini kehormatan bagi saya, kebanggaan bagi saya, saya bangga melihat jutaan rakyat Indonesia, jutaan umat Islam, jutaan tapi damai, tertib.”  Ujarnya, sekaligus klaim jutaan orang yang hadir dalam acara Reuni 212.

Ketua Pusat Media Reuni 212 Novel Bamukmin memperkirakan yang hadir pada acara Reuni 212 sebanyak 3 juta pererta. Jumlah itu menurutnya sama seperti Reuni 212 yang digelar tahun lalu.

Ketua Panitia Reuni Akbar Mujahid 212 Bernard Abdul Jabbar menyatakan lebih dari tujuh juta orang menghadiri Reuni 212.

“Ada delapan juta orang yang ikut di acara ini, ” Ujar Bernard kepada awak media.

Berbeda dengan klaim pihak panitia, Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, “peserta Reuni 212 hanya sekitar 40 ribu orang saja.”

Seperti halnya Aksi Bela Islam 212 yang digelar dua tahun silam, Reuni 212 tahun ini juga dipusatkan di area Monumen Nasional (Monas) di Jakarta.

Dokumentasi foto dan video, baik yang diambil media nasional dan organisasi peserta reuni seperti Front Pembela Islam (FPI) serta liputan Crew Bakin Jakarata, yang ikut hadir dalam acara Reuni 212,  memperlihatkan peserta Reuni 212 memadati ruas jalan di dalam kompleks Monas. Mereka memenuhi Jalan Tugu Monas, Jalan Pelataran Merdeka, Jalan Silang Merdeka Barat Daya, dan Jalan Silang Monas Tenggara. Mereka juga berkumpul di Jalan Titian Indah.

Di luar kompleks Monas, lokasi yang dipadati peserta Reuni 212 ialah Jalan Medan Merdeka Utara, dari pertigaan depan gedung Kostrad hingga depan kantor Kementerian Dalam Negeri, bagian utara Jalan M.H. Thamrin, dari depan gerbang kantor Bank Indonesia ke bundaran air mancur Bank Indonesia, dan bagian selatan Jalan Medan Merdeka Barat, dari depan kantor Kementerian Pertahanan ke bundaran air mancur Bank Indonesia.

Selain itu, peserta Reuni 212 juga terlihat berlalu-lalang di Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Agus Salim, Jalan Ridwan Rais, dari depan Kostrad ke selatan hingga Bundaran Tugu Tani dan jalan Medan Merdeka Selatan.

Crew Bakinonline. Berapapun jumlah peserta yang sebenarnya,? itu tidaklah penting. Yang lebih penting acara Reuni Akbar 212 Minggu (2/12/2018) dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan tujuannya..

Dan umat islam di Indonesia dapat bersatu. Dibuktikan dalam acara Reuni Akbar 212. Ini  merupakan peristiwa besar bangsa Indonesia, khususnya umat Islam. Dimana umat Islam dapat menunjukan jatidirinya, bahwa Islam itu damai, toleran,  sejuk, indah. Dan Bukan : teroris, tidak brutal. tidak anarkis, bukan radikal dan bukan kriminal. Seperti apa yang sering dituduhkan dari pihak-pihak tertentu. Terkesan selau menyudutkan umat Islam agar terpecah belah dan ada upaya ingin menjadikan kambing hitam.?    # Darjono