pendidikan
bakinonline.com

Bandung – bakinonline.com

“Terkait dengan aktivitas yang tinggi di kalangan eksekutif, menuntut mereka membutuhkan adanya jaminan keamanan dari para tenaga terampil di bidang jasa pengawalan atau yang biasa disebut dengan Bodyguard. Seorang bodyguard profesional harus memiliki kesemaptaan fisik, kesigapan, kewaspadaan dan kecerdasan intelektual sehingga bisa selalu waspada dan siaga sepanjang 24 jam dalam melaksanakan tugas – tugas pengawalan guna memastikan bahwa pimpinannya aman dalam menjalankan aktivitasnya. Kebutuhan tenaga terampil dalam pengawalan ini nampaknya akan semakin meningkat, sehingga dipandang perlu adanya pembekalan atau pelatihan guna tersedianya tenaga terampil pengawalan yang profesional dan banyak diperlukan. Saat ini, pria dan wanita sama-sama bekerja di lapangan, dan pelatihan pengawal dianggap sebagai kunci sukses di lapangan “, ujar Pimpinan Bandung Bodyguard School (BBS) Dede Farhan Aulawi di Bandung, Rabu (25/11/2020).

Kemudia Dede juga menambahkan bahwa salah satu faktor penting seorang pengawal adalah kesemaptaan fisik dan kemampuan bela diri. Namun dalam pelatihan 1 hari ini tentu tidak akan cukup waktu untuk itu, sehingga bekal dasar tentang ilmu beladiri dianggap sudah dimiliki sebelumnya. Apa yang akan diajarkan dalam pelatihan disini akan fokus pada pengetahuan/ wawasan prinsip yang harus diketahui oleh seorang Pengawal (bodyguard). Perlu diketahui bahwa jika merujuk pada *International Bodyguard Academy* seperti Praetorian Bodyguard Academy di AS lamanya pendidikan sekitar 2 minggu sampai 2 bulan tergantung level pelatihan yang diambilnya, misalnya TEXAS Security Guards Level III and DPS Certified Bodyguard Level IV, Private Security Contractor and Close Protection in high risk zones, Industrial Security and Maritime Security, Firearms & Tactical Shooting, CQB Trainings, dan lain sebagainya. Jadi silabus pelatihan ini sudah sesuai dengan standar Bodyguard internasional, namun waktunya dipadatkan. Jadi kurikulum pelatihan ini sudah sesuai dengan standar internasional dan merupakan pelatihan Spesialis Pengawalan Eksekutif. Ungkap Dede.

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyiapkan tenaga terampil di bidang pengawalan para eksekutif dalam rangka memenuhi kebutuhan dukungan keamanan dalam menjalankan aktivitas rutinnya. Dengan demikian pelatihan ini akan bermanfaat untuk menambah pengetahuan, wawasan dan kesigapan para peserta dalam menjalankan tugas – tugas jasa pengawalan.

Sementara terkait dengan materi yang akan dibahas dalam pelatihan selama 2 hari ini, meliputi :

– Role and Responsibilities of the Bodyguard

– Principles of close protection

– Relationships with local authorities

– Threats assessment and Risk Analysis

– Surveillance Awareness

– Foot formations

– V.I.P. Arrivals / Departures

– Low profile security and tactics

– Elements of Close Protection Team

– Advance work; surveys, Preparation and planning

– Exercise, Team Leader ; roles & responsibilities

– Dress code and etiquette

– Interpersonal Skills

– Close Protection Teamwork and Briefing

– Itinerary planning

– Convoy procedures

– Incident Management

– Communication and Conflict Management

Semoga pelatihan yang diselenggarakan ini bisa memenuhi harapan para pemangku kepentingan yang membutuhkan jasa terampil di bidang pengawalan. Informasi Lebih lanjut bisa menghubungi Ibu Lilis di 0813 1253 5153.       (hers/red.bkn/bdg)