Kab. Banmdung- Bakinonline.com

Antusiasme para pecinta ketangkasan Domba yang tergabung di wadah HPDKI ( Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia) didalam even SKDG Praliga HPDKI Provinsi Jawa Barat, yang berlangsung dilapangan Pamidangan Komplek SOR Si Jalak Harupat, Sabtu – Minggu ( 8-9/2/2020) cukup luar biasa, dibuktikan dengan hadirnya 10 DPC dengan 600 peserta dari Kabupaten /Kota di Jawa Barat.

Dijelaskan Ketua HPDKI Jawa Barat, Opi Sopianhadi, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pamilon dan juga dinas Pertanian melalui bidang Peternakan yang telah mempasilitasi dan mendorong berkembangnya ketangkasan Domba Garut ini, walaupun dari segi sarana masih banyak kekurangan, tetapi kami sangat antusias lapangan Pamidangan ini akan menjadi lebih representatif lagu ditahun -tahun mendatang, karena dilihat dari animo para peserta dan penonton sangat antusias, mudah – mudahan dengan adanya lapangan ini di Jalak Harupat dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat menjadi tujuan wisata.

Kepala Dinas Pertanian, Ir. Tisna Umaran yang hadir pada even tersebut, me gomentari, Ini merupakan komitmen bersama antara pemerintah daerah kabupaten Bandung dengan HPDKI, lapangan Pamidangan ini menjadi hak HPDKI Kabupaten Bandung, dan pormilnya hari ini kita mengawali dengan even Praliga ini, walaupun dari sisi sarana yang masih belum sempurna.

 Lapangan Pamidangan ini diharapkan menjadi ladang bagi semua pihak, bukan hanya dari ketangkasan Domba saja, tentunya ini dapat menjadi ajang pariwisata juga peningkatan ekonomi bagi para peternak, karena prestasi dari ketangkasan ini identik dengan nilai jual.

Dilanjut Tisna, Diharapkan ini dapat merangsang para peternak untuk lebih termotivasi dengan menghasilkan domba – domba yang berkualitas serta sehat, karena selain dari segi pembinaan pihak kami di dinas pun membentuk tim kesehatan hewan agar ternak yang dihasilkan lebih prima dan sehat, ditambahkan Tisna, dan even ini  akan berjalan menjadi agenda rutin setiap minggu kedua setiap bulan, khusus pada bulan April mendatang dilapangan Pamidangan ini akan di gelar Bupati Cup, pungkasnya.

Sementara Ketua DPC HPDKI Kabupaten Bandung, Baran mengatakan, kegiatan Praliga ini merupakan pekan promosi lapangan Pamidangan HPDKI Kabupaten Bandung , walaupun dalam kenyataannya Pamidangan ini baru hanya baru 20% dan kami dari HPDKI sebenarnya merasa malu karena Domba asal Kabupaten Bandung selalu menjuarai ditiap even nasional baik piala Presiden juga even lainnya, Pamidangan kita masih kalah dari Purwakarta yang notabene mereka kurang berprestasi.

Dijelaskan Baran, mudah- mudahan Pamidangan ini dapat segera rampung sesuai janji Bupati diakhir masa jabatannya dapat memberi kado terindah bagi kami di HPDKI, pungkasnya.

Dijelaskan Ketua panitia pelaksana, Aditya Nugraha menjelaskan, Ini merupakan agenda HPDKI Provinsi Jawa Barat, tetapi kami memilih veneu di Jalak Harupat karena lokasinya cukup strategis, mudah – mudahan dengan Dibangunnya Pamidangan ini dapat merangsang para peternak. Dilanjut Adi, kami dari jajaran pengurus meminta maaf kepada seluruh pamilon, karena faktor alam kami tidak dapat memberikan pelayanan terbaik.

Dukungan pemerintah daerah kabupaten Bandung kepada HPDKI cukup baik, artinya antara HPDKI dan pemerintah cukup bersinergi mempunyai misi visi yang sama ingin meningkatkan para para peternak juga didalam pelestarian seni budaya,pungkas Adi. Sulaeman.

# Sulaiman