Bandung, 5 Oktober 2017  (bakinonline.com)

Kecamatan Cibeunying Kidul dihebohkan dengan munculnya Bunga Ajaib, tepatnya di lahan kosong bekas reruntuhan bangunan yang berada di Gang Sukamulya RT. 05 / RW 09 Kel. Cikutra,  Kec.  Cibeunying Kidul  Kota Bandung, pada hari Kamis, 5/10/2017.“ sebelum mekar bunga ini sudah tumbuh kurang lebih 2 minggu yang lalu”, Maeroh salah satu warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi menceritakan.

Melihat bentuk dan ukuran dengan diameter sekitar 40 cm,  bisa dipastikan Bunga Ajaib ini merupakan species bunga Refflesia, masyarakat mengenal dengan nama Bunga Bangkai, karena pada waktu mekar bunga ini mengeluarkan bau tak sedap seperti bangakai hingga sekirat 10 meter. Bunga Refllesia merupakan jenis tanaman parasite dan dapat tumbuh dimana saja karena terbawa angin atau burung.

Dengan munculnya bunga ini warga sekitar Cikutra dan dari daerah lain  sengaja datang  ingin melihat langsung di lokasi .  Untuk menjaga bunga tersebut,  warga setempat sengaja membuat bagar dari bambu dalam upaya pengamanan.

Mendengar kabar ini camat Cibeunying Kidul dan Lurah Cikutra bersama perangkat RW setempat mendatangi lakasi untuk menyaksikan sesara langsung., Hingga saat ini belum ada yang dapat memastikan Bunga Bangkai ini termasuk jenis bunga Rafflesia yang mana ?,  karena ada sekitar 27 jenis bunga Refflesia di dunia ini yang kebanyakan tumbuh di hutan Nusantara Indonesia, (Darjono- Bakin).