Tasikmalaya, 16 Januari 2019 – bakinonline.com

Sebuah gudang plastik milik perusahaan Dollar di Jalan Cikurubuk, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terbakar pada Rabu petang (16/1/2019).

Puluhan warga di sekitarnya terpaksa harus mengungsi, api terus membesar dan merembet ke bangunan rumah di sekelilingnya, beberapa unit mobil pemadam kebakaran berupaya untuk memadamkan.

Rini Yulia (35) salah satu warga sekitar tempat kejadian menjelaskan, “Saya takut Pak, ini bagaimana,? api terus membesar meski sudah dipadamkan oleh pemadam, makanya kami langsung mengungsi dan memilih untuk menyelamatkan diri karena takut barang-barang kami ikut terbakar,” jelasnya.

Rini mengatakan. sebelum kebakaran, “saya melihat asap keluar dari toko sekaligus gudang penyimpanan plastik pabrik Dollar tersebut sekitar pukul 17.45 WIB.” Ujarnya.

Dugaan sementara, kebakaran diakibatkan konsleting listrik, kemudian api membakart barang-barang yang mudah terbakar dan terus membesar merembet ke rumah-rumah warga di sampingnya ikut terbakar.

Api cepat membesar karena di dalam gudang itu terdapat benda yang mudah terbakar, berupa plastik dengan jumlah yang sangat banyak.

Lebihlanjut, “Apinya terus membesar Pak, soalnya di dalam bangunan milik Ko Aun itu plastik semua isinya, banyak lagi barangnya,” kata Rini.

Sampai berita ini diturunkan, api terus membesar dan menyebabkan kepanikan warga sekitar. Terihat warga memindahkan barang-barang berharga dan perabotan dari rumahnya ke lokasi yang lebih aman.

Warga lainnya pun berusaha membantu untuk memadaman meski api terus membesar. Sedangkan, pemilik bangunan gudang plastik Dollar Ko Aun alias Lungna Wijaya belum bisa dimintai keterangan karena masih panik dan syok melihat peristiwa yang menimpanya.  # Danang – Bakin Pangandaran