ridwan kamil minta warga tak ...
bakinonline.com

Jabar – bakinonline.com

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pihaknya meminta masyarakat agar tidak membuat acara pada pergantian Malam Tahun 2021, apa lagi yang menimbulkan kerumunan, hal ini untuk mencegah lonjakan kasus positif Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. pria yang akrab dengan panggilan kang Emil meminta masyarakat tak membuat acara yang menimbulkan kerumunan pada malam Tahun Baru 2021.

“Saya mengimbau kepada seluruh warga Jabar dalam menyambut tahun baru 2021 untuk tidak melaksanakan kegiatan yang bersifat keramaian dalam acara-acaranya,” kata kang Emil, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (27/12/2020).

Kang Emil mengatakan pihaknya melarang perayaan pergantian tahun yang menghadirkan keramaian, hal ini untuk mencegah lonjakan kasus positif Covid-19.

Kang Emil mengimbau kepada Bupati/Wali Kota di Jabar juga ikut melarang perayaan Tahun Baru 2021, terutama daerah yang banyak destinasi wisata.

Menurut Dia, ada tiga hal yang perlu dihindari oleh semua pihak dalam libur akhir tahun ini, yakni kerumunan, keramaian, dan pergerakan orang.

Dalam situasi seperti ini, kata Emil, besar kemungkinan droplet terbang ke udara dari aktivitas bersin atau batuk, berbincang lebih dari 15 menit, karaoke atau pidato, serta aktivitas meniup terompet.

“Kita kurangi kerumunan, kita kurangi kegiatan yang mengundang keramaian dan pergerakan orang,” Pesannya.

Sebelumnya, kang Emil sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 202/KPG.03.05/HUKHAM tentang Pelarangan Perayaan Tahun Baru 2021 dan Pencegahan Kerumunan Massa yang ditujukan kepada seluruh Bupati/Wali Kota se-Provinsi Jawa Barat.

(ari/red.bkn/d)