Eep Jamaludin Sukmana, “Masalah Kebersihan Jadi Tajuk Reses Terakhir”

Kab. Bandung – Bakin online.com

Dalam memanfaatkan waktu resesnya, ketua fraksi PAN yang juga ketua Badan Kehormatan serta anggota komisi D DPRD kabupaten Bandung, H.Eep Jamaludin Sukmana, secara maraton genjot agenda  reses masa sidang I tahun 2019 di desa Sadu, kecamatan Soreang Kamis (28/11/2019). Dan ini merupakan agenda terakhir reses untuk tiga titik yang menjadi kewajiban pelaksanaannya.

Tak berbeda dengan agenda masa reses dua hari sebelumnya, yang dilaksanakan didesa Sukawening kecamatan Ciwidey, Selasa (26/11/2019) dan di desa Cikoneng Rabu (27/11/2019) pada reses di desa Sadu juga mendapat sambutan positif dari masyarakat konstituen, dibuktikan dengan terisi penuh tempat duduk yang disediakan pihak panitia pelaksana kegiatan, sekitar seratus Konstituen hadir ditambah perwakilan dari unsur Muspika setempat.

Apapun aspirasi dari masyarakat, tetap saya sebagai anggota dewan harus menampungnya, untuk disampaikan di fraksi juga pada pihak komisi yang membidanginya, agar aspirasi dari konstituen tetap dapat menjadi bahan dan pertimbangan di agenda bahasan komisi, dan mudah-mudahan dapat menjadi skala prioritas, dari pemerintah daerah sesuai dengan anggaran yang ada, ungkap Eep.

Dikatakan Eep, Memang fungsi dari reses sendiri adalah untuk menampung aspirasi dari masyarakat, tetapi momen reses ini saya gunakan untuk memberi pengetahuan serta pengertian tentang tugas – tugas dewan didalam melaksanakan rutinitas kewajiban yang dilakukan dewan.

Memberikan wawasan kepada masyarakat tentang tugas dewan sangat penting, agar tidak terjadi miskomunikasi diantara masyarakat terkait tugas dan fungsi dewan yang sebenarnya. ujar Eep.

Ditambahkan Eep, Aspirasi yang muncul pada agenda reses di dua tempat sebelumnya , pada hakikatnya hampir sama yaitu terkait isu lingkungan, sampah, masalah sosial dan juga kesehatan, pendidikan juga masalah infrastruktur.dan berbagai asfek kehidupan lainnya, ungkapnya.

Alhamdulillah, pelaksanaan reses hari ketiga ini, merupakan titik akhir agenda reses saya, dari tiga titik yang telah dipilih untuk masa sidang I tahun 2019.

Setiap anggota dewan mempunyai kewajiban melaksanakan reses ini, dalam satu tahun 3 kali di Dapilnya masing-masing. jelas Eep.

Saya secara pribadi dari Fraksi PAN dan sebagai anggota DPRD, mengucapkan terimakasih kepada semua konstituen yang telah memberikan kepercayaan kepada pihak kami,untuk menuangkan aspirasinya sebagai bahan dan masukan bagi pihak kami didewan , untuk menjadi acuan langkah kerja kami untuk menuju kabupaten Bandung yang Maju Mandiri dan Berdaya Saing menjadi kenyataan, pungkasnya.

Didalam reses yang berlangsung di desa Sadu kecamatan Soreang, dihadirkan juga Nara sumber dari ketua Saber (Sabilulungan Bersih) Sadu Lestari, Nanan Kusnandi.

Kami sengaja menghadirkan narasumber dari pihak Saber, demikian dikatakan Eep menurutnya, Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada para konstituen, terkait penanganan sampah juga pola hidup bersih untuk mendukung program hidup sehat melalui kebersihan.

Dan hal ini mendapat perhatian positif dari narasumber, Nanan mengatakan, Alhamdulillah pada momen reses ini kami dari Saber desa Sadu telah diberikan kesempatan, untuk menyampaikan paparan, terkait program Saber (Sabilulungan Bersih) bagi para konstituen, harapan kami melalui kegiatan ini diharapkan para konstituen dapat menjelaskan program ini dilingkungannya, sehingga sasaran dari program Saber ini dapat didukung dan dilaksanakan oleh masyarakat, untuk menuju pola hidup sehat melalui kebersihan.terang Nanan.

# Sulae- Bkn