DPD-HAPI Jabar, Rakerda dalam Rangka Menyongsong Kongres
bakinonline.com

Sumedang – bakinonline.com

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Advokat/Pengacara Indonesia (DPD-HAPI) Jabar, Deni Hermawan, SH, mengapresiasi Ketua DPC-HAPI Kab. Sumedang atas pelaksana kegiatan peresmian Kantor Hukum YS dan sekaligus pembukaannya Kantor DPC-HAPI Kab. Sumedang, serta mengucapkan selamat dan sukses atas diresmikannya kantor DPC-HAPI Kab. Sumedang, minggu, (14/7-2019)

Dikatakan Deni, selain Halal Bil Halal dan peresmian kantor DPC-HAPI Kab. Sumedang, DPD-HAPI Jabar juga mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dalam rangka menyongsong kongres yang rencananya akan dilaksanakan di Jakarta.

Asep  media Bakinonline, mencaba menanyakan kepada Dani Hermawan mengenai hasil dari Rakerda. Dani mengatakan masih dirahasiakan.

“Mengenai isi atau hasil Rakerda, kami masih merahasiakan, tentunya isi rakerda tersebut untuk kebutuhan dalam menghadapi Kongres”, kata Deni.

Lebih lanjut dikatakan Deni, “dengan hadirnya DPC-HAPI Kab. Sumedang, diharap bisa membantu masyarakat semedang yang mencari keadilan. Karena kita hadir disini sebagai pengacara, dalam mengembangkan azas-azas hukum. Karena hukum itu, ada hukum yang tertulis ada juga hukum yang tidak tertulis. Sebagai praktisi hukum harus siap membela siapapun dan kita siap membantu masyarakat yg mencari keadilan, baik masyarakat yang mampu membayar ataupun yang tidak mampu membayar. Karena tugas pengacara itu sebagai tugas yang mulia. Dan pengacara itu semuanya baik, kalaupun ada yang tidak baik, itu oknum,” pungkasnya

Ditempat terpisah, Ketua DPC-HAPI Kab. Sumedang, Yosep S Bimantara, SE., SH. menyebutkan, pada intinya masyarakat indonesia masih kurang memahami dan menyadari akan hukum, maka, sering kali masyarakat berbuat sesuatu diluar hukum.  Untuk itu, DPC-HAPI Kab. Sumedang akan membuka pelatihan-pelatihan dan konsultasi hukum melalui Kesadaran Hukum (Kadarkum).

Dikatakan Yosep DPC-HAPI Kab. Sumedang, “ia akan lebih melihat kepada kearifan loka. Yang artinya, tidak akan ada DPC- HAPI Sumedang, kalau tidak memperhatikan kearifan lokal. Maka, DPC-HAPI Sumedang bertekad akan melakukan pembinaan hukum dan konsultasi hukum terhadap warga masyarakat sumedang. Karena, masih banyak indek kehidupan masyarakat dibawah rata-rata. Sehingga, pemahaman akan hukum masih perlu adanya pembinaan dan penyadaran kepada masyarakat. “Karena hukum kan ada yang tersirat dan tersurat, sedangkan masyarakat kadang sering menggunakan hukum rimba atau dengan cara barbar, hal itu, karena kurangnya pemahaman tentang hukum dimasyarakat juga kesadaran akan hukum itu sendiri”, tegasnya.

Acara peresmian kantor hukum YS dan pembukaan kantor DPC-HAPI Kab. Sumedang, dihadiri, oleh Plt. Ketua Umun DPP HAPI Jakarta, Abdulah Sella, SH., Ketua Umum DPD HAPI Jabar, Deni Hermawan, SH. para anggota HAPI dan tamu undangan lainnya.

*AHS- Bkn Smdg