Bakinonline.com

 Muara Enim – Bakinonline.com

Terkait pengaduan masyarakat Desa Penyandingan, Kecamatan Semende Darat Laut,  Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan yang telah melaporkan adanya dugaan kasus korupsi yang dilakukan oleh Kepala Desa Emhadi Brata, yang telah merugikan negara hingga ratusan juta rupiah, tetapi setelah berjalan waktu hingga kurang leboh lima bulan tidak ada kejelasan, baik dari pihak kepolisian maupun Kejaksaan  Tinggi Muara Enim.

Sehingga menimbulkan tanda tanya yang sangat besar bagi masyarakat Desa Penyandingan yang mengadukan kasus ini kepada pihak yang berwenang.  Ada apa ini ?.

Samani, dan rekan-rekan didampingi awak Bedia Bakin, pada hari Rabu (15/04/2020) mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Muara Enim untuk menanyakan terkait pengaduan masyarakat tentang adanya  dugaan korupsi dana desa oleh Kepala Desa Emhadi Brata, yang saat melaporkan kasus juga didampingi oleh LSM Fakta Bersuara. Dan Kedatangan kami disambut langsung oleh Kanit Intel Kejaksaan , Yulius.

Media Bakin sempat mewawancarai Kanit Intel terkait mangegnya perkara ini yang terkesan tidak ada proses selanjutnya.

Pihaknta (Yunus) mengatakan bahwa, “Laporan pengaduan Kepala Desa penyandingan ini tidak ada di dalam buku daftar kami,  sebaiknya bapak-bapak sekalian harus membuat laporan pengaduan terbaru,: jelas nya.

Akan tetapi kami warga Desa Penyandingan tetap kurang puas atas jawaban dari Yulius, kemudian kami mencoba mengadakan mediasi di ruangan dan akhirnya mendapaykan respon baik oleh pihak Kejaksaan,  setelah kami bertemu dengan Kejati Alfin.

Dia mengatakan, laporan pengaduan ini memang sudah ada, akan tetapi pending dulu.  Kmi sangat sayangkan mengapa jawaban ini seolah menimbulkan tanda tanya yang sangat dalam, terkesan melindungi kasus kepala desa yang menyelewengkan uang rakyat.

Kami tidak akan berhenti disini dalam mengawal proses pengaduan ini, segala upaya akan kami lakukan agar suara kami ini didengar dan harus diproses secara hukum, penegak hukum harus membuktikan kepada masyarakat, untuk segera menindak kades yang telah merampok uang rakyat, tidak ada kata kompromi bagi korupsi.

Media Bakin, mengharapkan institusi dari kepolisian maupun Kejati sebagai penegak hukum harus bekerja secara professional tanpa tebang pilih dalam menjalankan tugas nagara. Apabila Kepala Desa  Emhadi Brata terbukti melakukan korepsi dana desa, harus ditinak tegas sesuai dengan perundang-undangan yang ada.     (Andy)