BakinOnline - Tanah Kulon Proga II

Kulon Progo, 20 Februari 2017  (Bakin Online),

Dalam penyelusuran Tim Bakin yang ke dua pada tanggal 20 Fenruari 2017 di kantor kelurahan Glagah, kecamatan Temon, kabupaten  Kulon Progo Jawa Tengah, didiga ada kesalahan dalam penyampaian keterangan hak milik atas tanah yang akan digunakan oleh Negara untuk Bandara Kulon Progo .

Ditemukan ada dua (2) surat Leter-C  (girik) di buku induk kantor desa Glagah atas nama B. Sonem  dan satu lagi B. Sonem II (angka romawi) dengan luas tanah dan lokasi tanah yang berbeda, kami mencoba mencocokan kedua surat salinan Leter-C (girik) yang ditanda tangini pihak kelurahan Glagah dengan cap basah ternyata benar adanya dan cocok sesuai dengan Leter-C (girik) yang ada di buku induk desa.

Dalam penelusuran lebih lanjut Agus selaku kepala desa Glagah di teras kantornya,  menerangkan bahwa di desanya ada 2 nama B. Sonem,  yaitu : (B. Sonem dan B. Sonem II) sesuai yang tertulis di 2 surat Leter-C (girik) yang ada, dan Agus menyatakan bahwa kedua-duanya sudah meninggal dunia, sama  pernyataannya pada penyelusuran pertama yang dilakukan oleh Tim Bakin pada waktu yang lalu.

Permasalahannya sekarang ada keluarga B. Sonem yang dibantu oleh pengacaranya untuk menanyakan keberadaan tanah tersebut berdasarkan 2 surat salinan Leter-C (girik) yang diterimanya, dan sampai saat ini pihak kelurahan Glagah baru memberikan keterangan satu surat yang tertulis B. Sonem dan yang satunya atas nama B. Sonem II (angka romawi) diberikan kepada orang lain yang samapi tanggal 20 Februari 2017 orang yang mengaku sebagai ahli waris B. Sonem II (angka romawi) belum dipertemukan kepada keluarga B. Sonem, sesuai permintaan pengacara B. Sonem.

  1. Sonem yang dinyatakan sudah meninggal dunia oleh Agus selaku kepala desa Glagah, kecamatan Temon, kabupaten Kulon Progo tersebut tidak berdasar terkesan melakukan perbuatan rekayasa, hal ini dibuktikan bahwa B. Sonem sapai saat ini masih hidup dan berusia kurang lebih 83 tahun dan diberi keturunan 7 anak, yang 2 ada di desanya dan yang 5 ada di Bandung Jawa Barat, (John-Bakin).