Bakinonline.com

Lampung Selatan- Bakinonline.com

 Setekah diterimanya Dana Desa (DD) tahap I untuk Desa Banjarsuri, kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan. Guna memenuhi darana dan prasarana bagi warganya, disejumlah titik terus melakukan pembangunan.

Dalam pembangun tahap ke l memprolitaskan infrastruktur berupa Talud dan Rambat Beton sepanjang 369 meter, di Dusun Peninjauan yang berada di dusun Terep sepanjang 350 meter dan pada tahap ke II sepanjang  248 meter. Sedangkan di Dusun Peninjauan sepanjang 500 meter. Yang dilakukan  secara swakelola dengan sistem Padat Karya Tunai Desa (PKTD) untuk memperkuat daya tahan ekonomi desa dan pendapatan masyarakat.

Sedangkan pada Prioritas ke II adalah penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan yang dilatarbelakangi pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) yang saat ini tengah melanda dunia, termasuk di Indonesia.

Seperti yang di sampaikan Kepala Desa Banjar suri Rojulin. “Pada pencairan dana DD tahap 1 masih memprolitaskan pada pembangunan rabat beton dan talud, “ungkap nya pada Minggu 19/4/2020.

Dan seluruh pembangunan infrastruktur telah melalui proses tahapan yang di musyawarahkan melalui Musdus dan Musrembangdes yang melibatkan ungsur Camat, LPM, BPD TNI Polri serta tokoh masyarakat .

Perbaikan jalan adalah keinginan warga karena infrastruktur merupakan salah satu penopang dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta mempermudah akses masyarakat dalam beraktifitas dan membawa hasil bumi dari persawahan dan perkebunan menuju pasar.

Penggunaan dana DD juga tidak terfokus untuk pembangunan infrastruktur melainkan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat serta penanganan dan pecegahan covid-19. sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan juga Bupati Lampung Selatan.      (Andy- Lmpg)