“Desa Bangunkarya Kec. Langkaplancar Tingkatkan Ekonomi Masyarakat”
Bakinonline.com

Kab. Pangandaran – Bakinonline.com

Dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan perlu dibarengi dengan sarana dan prasarana pendukung lainnya, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur seperti jalan untuk transpotasi yang menghubungkan desa satu dengan lainnya.

Desa Bangunkarya Kecamatan Langkaplancar, kabupaten Pangandaran , memiliki luas wilayah 1.340,5  Ha, dengan jumlah penduduk  2300 Jiwa dengan Jumlah Kepala Keluarga 791, terletak diantara kec. Langkaplancar dengan Kec. Parigi.

Sekretaris Kustiadi, S.Pd. mengungkapkan, “mayoritas masyarakat mengandalkan pendapatnnya dalam sektor pertanian dan perkebunan. Dalam upaya meningkatan ekonomi masyarakat, pemerintahan desa bersama dengan masyarakat dan stick hoder yang ada bertekat untuk membangun desa dengan membangun infrastuktur, sarana pendidikan, olah raga dan penyuluhan serta peningkatan di sector wisata alam yang masih perlu penanganan. Semua ini dilaksanakan dengan musyawarah dan mufakat.” Ungkap Kustiadi

“Desa Bangunkarya dilintasi jalan poros tengah yang menghubungkan Kabupaten Pangandaran dengan Kabupaten Ciamis , tembus jalan Parigi ke Cikokol yang sering dilalui para wisatawan (sebagai jalan alternatife) bila jalan utama Pangandaran terjadi kemacetan, Untuk mewujudkan rencana tersebut kami perlu bantuan dan perhatian dari pemerintah,” Kustiadi menambahkan.

Sedangkan menurut Yaya Suryana, selalu Kepala Desa Bangunkarya membenarkan, “Kami selalu memberikan keterbukaan dengan masyarakat melalui musyawarah dan mufakat, dalam melakukan pembangunan agar selalu kondusif keadaannya, harapan masyarakat masih banyak yang perlu diperhatikan pemerintah, salah satunya perlunya bantuan kelompok ternak dari pemerintah, sedangkan lokasi kami sangat menunjang karena pakan ternak sangat melimpah dibandingkan tempat lain, untuk lebih meningkatkan pendapatan masyarakat perlunya bantuan baik dari pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Profinsi dan Pemerintah Pusat, termasuk sarana prasarana peningkatan mutu pendidikan ,” Yaya mengharapkan.

*Yana- Bakin Pangandaran