bakinonline.com

ANDOOLO – Bakinonline.com

Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST., MM melantik 29 pejabat eselon II, III dan IV yang terdiri dari 2 Kepala Dinas dan 2 Staf Ahli (Eselon II), 1 Sekretaris Dinas (Eselon III), 2 Lurah (Eselon IV) serta 22 Kepala Sekolah di Auditorium Lt 3 Kantor Bupati, Selasa (15/7/2019).

Pelantikan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si dan Kepala Badan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Drs. Madilaa, M.Si serta para pimpinan OPD.

Pengambilan sumpah jabatan para eselon oleh Bupati dilaksanakan setelah melalui konsultasi dan remondasi pihak Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu yang dikatakan Bupati, Surunuddin Dangga dalam arahannya,  bahwa pelantikan telah melalui mekanisme berjenjang, yang bertujuan untuk melakukan penyegaran birokrasi sekaligus berharap para ASN yang baru di lantik dapat bekerja maksimal dalam mewujudkan pelayanan esktra kepada masyarakat.

“Apa yang kita lakukan hari ini, hanya bentuk penyegaran organisasi dan biasa dilaksanakan, agar tidak merasa jenuh dengan kondisi pekerjaan yang dilakoninya dan untuk mempercepat realisasi program kerja yang dicanangkan Pemda,” ujarnya.

Untuk itu, ia tambahkan, “atas nama pribadi dan Pemda menyampaikan selamat bertugas kepada yang baru dilantik, semoga dapat menjalankan amanah dan tugas secara profesional, dengan prinsip, dimanapun di tempatkan akan mempersembahkan yang terbaik bagi daerah serta bangsa dan negara,” kata Surunuddin.

Ia berpesan agar menjaga integritas dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya, sambungnya, sebagai bagian perwujudan reformasi birokrasi dan membaiknya pelayanan terhadap masyarakat. Khususnya Kepsek sebagai pengelolaan dana BOS yang harus memastikan penyaluran tidak ada potongan, ketika menyalurkan kepada penerima.

“Diperintahkan juga kepada pejabat yang baru dilantik agar meningkatkan kinerjanya dan menjadi corong pemerintah yang menyampaikan program kerja yang telah dan akan dilaksanakan pada masa mendatang dalam mendorong roda pemerintahan yang bersih dan pembangunan yang merata,” tandas Surunuddin.

Ia juga meminta para pejabat eselon agar mengelola keuangan dengan prinsip kehati-kehatian dan anti korupsi, sembari mengibaratkan “Jadilah seperti air yang mengalir dalam pipa yang membasahi seluruh mediannya namun tidak bocor”.

Adapun Pejabat Esleon II yang bergesar yakni, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Asaapi bergeser menjadi Kadis Perhubungan yang sebelumnya di isi oleh Sajuddin Idris. Dan Sajuddin menggantikan posisi Asaapi.

Selanjutnya, Erawan jadi staf ahli bidang perekonomian dan pembangunan menggantikan Najib yang diparkir jadi pelaksana sekretariat, dan Sekdis Komimfo, Muh Yusuf naik tingkat menjadi eselon II sebagai staf ahli bidang pembangunan, hukum dan kesra, yang posisi sebelumnya diisi oleh Sagala. Dan lurah punggaluku yang di parkir menjadi pelaksana sekretariat Kec Laeya, digantikan oleh Ashary, serta Lurah Kolono, Marwanto yang mengisi kekosongan jabatan, karena Lurah sebelumnya telah meninggal dunia.

“Sementara itu sesuai Keputusan Bupati No 820/422/2019 untuk Kepapa sekolah yang dilantik, diantaranya, Fitrita Kepsek SDN 14 tinanggea, Siti Rosdawati kepsek SDN 3 Andoolo, Rugaena Kepsek 11 tinanggea, Kamino SDN 3 Baito, Saidu Mbure SDN 15 Laeya, Jasmin SDN 17 laeya, asmarya SDN 15 Laeya, Muh Safar Kepsek SDN 11 Mowila, Watiyani Kepsek SDN 6.

Nani Kepsek SDN 9 Benua, Abdulhafid SDN 7 Ranbar, Dinar SDN 16 Andoolo, Wayba SDN 3 Wolasi, Galib SDN 6 Wolasi, Mujur SDN 9 Lainea, Rosia Dewi Mutalib SDN 2 Palangga, Rachmad SDN 4 Moramo, Ade Supriadi SDN 17 Moramo, Ruslan SDN 15 Moramo, Ali Mahmud SD-SMPTN Satap 2 Konsel, Munirah SD-SMPTN Satap 3, terakhir Hamiludin SMPN 18 Konsel.,”pungkasnya.

*Edison- Bkn Sultra