Bupati Kab. Bandung
bakinonline.com

Soreang – Bakin.online.com

Sebanyak 1500 peserta yang terdiri dari unsur Muspika, Panwascam, P2KD, BPD, Plt kades,  mengikuti agenda Pemantapan Fasilatasi Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2019, yang berlangsung Selasa ( 2/10/2019 ) di Gedung Indoor SOR si Jalak Harupat, Kegiatan di hadiri Bupati kabupaten Bandung, Kapolres Bandung, perwakilan Dandim para camat dan undangan lainnya.

Bupati Kabupaten Bandung H.Dadang M Naser. SH., S.Ip., M.Ip. kepada Crew media Bakinonline mengatakan, ” Ini merupakan acara pemantapan atau santiaji didalam persiapan pelaksanaan tahapan Pilkades serentak 26 Oktober 2019 di 199 desa, dan juga merupakan rapat koordinasi yang dikuti pihak Kepolisian , Kodim, Panwas , P2KD, BPD serta para PLT kepala desa.

Pihak-pihak penyelenggara dari Panwas, P2KD diharapkan dapat memetakan situasi kerawanan diwilayahnya masing-masing, agar tercipta kondusifitas, dan kepada para pendukung balon kades dimasing-masing desa, harus menjaga kesatuan dan persatuan jalin silaturahmi tetap Sabilulungan, untuk menghasilkan pimpinan yang profesional dan handal di desa masing-masing. paparnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat Pemerintahan Desa, H. Tata Irawan Subandi, menjelaskan, ” Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya peningkatan pemahaman dan menciptakan suasana kondusifitas didalam pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019.

Menurut Tata, ” Pihak Panwas beserta P2KD untuk meningkatkan pemahaman prosedur dan regulasi  aturan- aturan terkait pelaksanaan Pilkades ini,yakni Perbub no.3 dan 9 tahun 2019 serta Perbup no. 40 dan 58 tahun 2019, mudah-mudahan dengan pahamnya regulasi dapat mengeleminir kesalahan- kesalahan sekecil apapun.” harapnya.

“Kegiatan Pilkades serentak tahun 2019 ini diikuti 199 desa dengan jumlah calon 759  serta 2094 TPS, hingga saat ini proposal anggaran pelaksanaan Pilkades yang sudah direalisasikan sebanyak 90 proposal, 73 masih direkom dan 36 desa masih belum mengajukan proposal tersebut, kami menghimbau kepada pihak kecamatan untuk mendorong proses percepatan pengajuan proposal tersebut dan kepada pihak P2KD agar secepatnya untuk melakukan pengajuannya,” Tata menambahkan.

Lebih lanjut, “Kegiatan ini merupakan gagasan dari Bupati, Kapolres, Dandim serta kerjasama pihak Satpol-PP, DPMPD, Kesbangpol, untuk meningkatkan kondusifitas pelaksanaan Pilkades serentak uang yang sukses tanpa ekses,” pungkasnya.

# Sulaeman