Bandung, 24 Februari 2018  (Bakinonline.com)

Hujan deras yang mengguyur Bandung Selatan mengakibatkan Sungai Citarum tidak mampu menampung debit air sehingga dibeberapa wilayah kabupaten Bandung tergenang air, kejadian ini telah melumpuhkan lalu lintas dan perekonomian di Bandung selatan.

Banjir besar yang terjadi di Bandung selatan setelah beberapa hari kunjungan Presiden Joko Widodo ke hulu daerah aliran sungai Citarum di Situ Cisanti.

Banjir terjadi sepanjang Jumat 23 Februari 2018 di wilayah Kabupaten Bandung seperti Kecamatan Rancaekek, Cileunyi, Bojongsoang, Majalaya, Solokanjeruk, Baleendah, Dayeuhkolot, dan sekitarnya. Luapan air di aliran sungai Citarum merendam ratusan pemukiman rumah penduduk dan persawahan.

Berapa besar kerugian masyarakat setiap musim hujan akaibat banjir, sangat sulit menghitungnya. Banjir mengakibatkan daya ekonomi masyarakat sekitarnya menurun tajam, disamping itu perlu juga dilakukan partisipasi masyarakat untuk melakukan rekayasa sosial baik itu dalam menjaga kelestarian hutan di daerah hulu dan menjaga aliran sungai dari sampah dan limbah,”  (Redaksi Bakin)