Jakarta, bakinonline.com

Tanggal 1 Mei 2017 merupakan hari buruh Internasional, Rencana Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSPI) akan mengadakan aksi yang diikuti perwakilan ratusan ribu buruh dari seluruh Indonesia di jakarta nanti, selain di Jakarta aksi akan dilaksanakan di beberapa propinsi diseluruh tanah air Indonesia, antara lain Banten, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Aceh, Lampung, Sumatra Utara, Gorongtalo, dll.

 

 

 

 

Tuntutan aksi 1 Mei 2017 antara lain “Sistem kerja alih daya dan sistem pemagangan yang dianggap sebagai praktek perbudakan modern yang tidak memberikan kepastian kerja dan masa depan bagi buruh harus dihapuskan ” Presiden KSPI, Said Iqbal mengatakan dalam acara siaran pers Jum’at 20/4/2017.

Disamping itu, selain jaminan kesejahteraan bagi buruh, KSPI juga menuntut adanya jaminan pensiun punuh dan juga untuk pegawai negeri sipil (PNS) disamakan sehingga buruh juga mendapatkan manfaat pensiun sekurang-kurangnya 60% dari upah terakhir.

Tema dalam aksi kali ini adalah “HOSJATUM” (Hapuskan Outsourcing atau Praktek Alih Daya dan Pemagangan). “Jaminan sosial dan tolak upah murah”. (Redaksi Bakin)