Temanggung, 28 April 2018 (Bakinonline.com)

Suatu keharusan bagi calon Anggota Muda Putra Makukuhan Pecinta Alam (PUMAPALA) Stembatema, yang bermarkas di jalan Kadar, Maron, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Untuk mengikuti serangkaian kegiatan baik teori atau fisik guna menciptakan generasi penerus yang tangguh dan mumpuni dalam menjalankan kehidupan secara nyata.

Azam, Ketua PUMAPALA 2017 menyampaikan, “Setelah melewati semua tahapan Bimbingan dan Praktek (BINTEK) dasar sebagai calon Anggota Muda Pecinta Alama PUMAPALA.  Diharapkan seluruh Anggota Muda PUMAPALA menjadi insan pecinta alam yang sejati. berwawasan luas, disiplin, konpak dalam kebaikan serta mandiri dalam menghadapi alam yang sesungguhnya.”

Sebagai Acara puncak dalam BIMTEK penerimaan anggota muda PUMAPALA dilaksanakan pada hari Jum’at hingga Sabtu (27-28/4/2018) di Kampus Stembatema. Sebanyak  47 calon anggota muda ankatan tahun 2018 dan 40 panitia dan anggota senior (PUMAPALA INDONESIA) ikut dalam acara long march menuju lokasi pelantikan di lokasi wisata Curug Surodipo kec. Wonoboyo dengan menempuh jarak sekitar 45 Km.

Puji Waluyo, Ketua PUMAPALA INDONESIA yang dihubungi Via telpon membenarkan bahwa, “pemberangkatan dimulai pukul 20.15 Wib.  Peserta istirahat di POS 1 , didesa Muntung Kec. Candiroto pukul 01.30 Wib. untuk istirahat dan pukul 05.00 Wib. perjalankan dilanjutka hingga samapai lokasi pukul 08.00 Wib.  setelah cukup istirahat, pukul 10.00 Wib. dilaksanakan acara pelantikan didasar gerojokan Curug Surodipo Kec Wonobayo dengan diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, hingga acara pelantikan selesai.”

Crew Bakinonline Bandung, menanyakan kepada Sudarjono (Darjono), salah satu penggagas/ pendiri PUMAPALA yang berdomisili di Bandung. Apa tujuan dari BIMTEK, ?. “ Bimbingan dan Praktek (BIMTEK) yaitu tahapan yang harus diikuti oleh semua calon anggota muda PUMAPALA guna mempersiapkan generasi yang taguh dan mumpuni dalam menjalankan estafet kepemimpinan PUMAPALA, baik secara fisik, mental dan ketrampilan serta keilmuannya, yang nantinya akan berguna dalam kehidupan ditengah-tengah masyarakat untuk mencapai cita-citanya.”

Dulu pelantikan calon anggota muda PUMAPALA dilakuka di Puncak gunung, antara lain : gunung Sumbing, Sindoro, Merbabu, Merapi, Candi Songo. Dan apabila situasi dan kondisi tidak dimungkinkan, digantikan dengan long march dengan jarak kurang lebih 45 Km, Darjono menambahkan. (Redaksi Bakin)

Baca Juga : Pecinta Alam PUMAPALA Kabupaten Temanggung Kukuhkan Anggota Baru