Bandung, 9 Februari 2018  (bakinonline.com)
Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), ditetapkan dengan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden pada 23 Januari 1985, yang menyebutkan “Bahwa Pers Nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan Pembangunan Nasional sebagai pengamalan Pancasila.”
Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional pada tanggal 9 Februari dan diperingati  setiap tahun secara bergantian di ibukota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan. Landasan ideal Hari Pers Nasional adalah  “Sinergi antar komponen pers, masyarakat dan pemerintah.”
Di era keterbukaan dibidang informasi pres sangatlah dibutuhkan sebagai trasparsi public, untuk itu peran pers sebagai penyampaian informasi dituntut orisinal (akurasi) dan independensi harus tetap dikedepankan. Pers dalam pembangunan nasional sangat diperlukan sebagai pilar kebenaran yang selalu mengedepankan netralitas dan berperan sebagai perekat bangsa.  (Darjono Bakinonline)