Bakinonline.com

Dari Informasi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes A.M. Kama terkait dengan peristiwa di Kali Yigi dan Kali Aura Distrik Yigi Kabupaten Nduga.

Kamal menyebutkan, “bahwa kelompok bersenjata sudah membantai 31 orang pekerja dari PT Istaka Karya yang sedang membangun jembatan”. Katanya.

Ada sumber lainyang menyatakan korban berjumlah 24 orang, Informasi mengenai ke-24 korban itu didapat Mambor, Wakil Ketua DPRD Nduga Alimin Gwijange.

Mambor menuliskan hingga laporan dirilis, belum diketahui apakah ke-24 korban ditembak atau dibunuh dengan senjata tajam. Korban berada di satu tempat yang hanya bisa dijangkau melalui jalur darat dan komunikasinya hanya menggunakan radio Single Side Band (SSB).

Informasi soal pembunuhan pekerja PT Istaka ini pertama kali disampaikan Pendeta Wilhelmus Kogoya (tokoh gereja distrik Yigi) melalui radio SSB, Senin (3/12/2018), sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Wakapolres Jayawijaya Kompol Andreas Tampubolon menyampaikan, polisi mempersiapkan ambulan dan mobil jenazah, bila kemungkinan terjadi keadaan terburuk walau informasi yang sesungguhnya belum diketahui dengan pasti.

“Saya sampaikan secara normatif, kami ambil yang terburuknya, karena saksi mata yang melihat langsung itu belum ada,” kata Andreas menyampaikan kepada awakmedia.

Dari informasi yang dikumpulkan Crew Bakin, penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap para pekerja proyek Istaka Karya terjadi pada 2 Desember 2018 sekitar pukul 15.30 WIT. Penembakan tersebut terjadi di Kali Yigi dan Kali Aura Distrik Yigi Kabupaten Nduga.

Hingga saat ini, pihak kepolisian bersama dengan TNI sedang memastikan keberadaan para korban di dua tempat tersebut, didaerah Kali Yigi dan Kali Aura, sedangkan korban tewas dari informasi yang dihimpun sebanyak 31 orang.    # Red. Bkn