Jakarta, (bakinonline.com)

Komite Keselamatan Kontruksi (KKK) telah menyetujui 15 proyek infrastruktur layang untuk dilanjutkan kembali. Penghentian sementara sebelumnya dilakukan menyusul banyaknya kasus kecelakaan kerja yang terjadi di beberapa tempat pada belakangan ini. Ada sekitar 17 proyek yang dievaluasi pada Senin, (26/2/2018) kemarin. Dari jumlah tersebut, baru 15 yang sudah dinyatakan lolos dan dapat dikerjakan kembali.

Ada catatan untuk dua proyek, yaitu : Tol Depok-Antasari (Desari) yang digarap PT Citra Wasphuttowa dan Double Double Track (DDT) Manggarai-Jatinegara yang digarap PT Hutama Karya (Persero). Baca juga : Raksasa-raksasa Swasta di Jalan Tol Untuk proyek Tol Desari catatannya boleh dilanjutkan setelah melengkapi prosedur lifting. Sementara untuk proyek DDT bisa dilanjutkan untuk pembongkaran dan pemasangan launcher gantry atau diganti.

Sementara dua yang belum lolos yaitu proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dan Tol Jakarta-Cikampek 2 (Elevated). Untuk Tol Becakayu belum lolos lantaran desain formwork yang belum final. Sedangkan Tol Japek 2 site visit baru dilaksanakan Rabu (28/2/2018) besok. Baca juga : Ada Apa dengan Waskita Karya. ?

Berikut Daftar Proyek Yang Dinyatakan Lolos Dan Dapat Dilanjutkan, Antara Lain :

  1. Tol Pasuruan-Probolinggo
  2. Tol Solo-Ngawi
  3. Tol Ciawi-Sukabumi
  4. Tol Depok-Antasari (lanjut melengkapi prosedur lifting)
  5. Tol Terbanggi Besar-Kayu Aung-Pematang Panggang
  6. Jakarta Toll Road
  7. Tol Serpong-Cinere
  8. Tol Kayu Agung-Palembang-Betung
  9. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar
  10. Tol Cibitung-Cilincing
  11. Tol Cimanggis Cibitung
  12. LRT Kelapa Gading-Velodorm
  13. DDT Manggarai-Jatinegara (lanjut untuk pembongkaran dan pemasangan launcher gantry/diganti)
  14. LRT Palembang
  15. LRT Jakarta Bogor Depok Bekasi

(Redaksi Bakin).