Bandung,  (bakinonline.com)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah melakukan verifikasi faktual terhadap 12 partai diwilayahnya. Dari hasil verifikasi, partai-partai tersebut sudah memenuhi tiga persyaratan verifikasi faktual.
Verifikasi factual KPU berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 28 – 30/01/ 2018.  Dalam proses verifikasi berjalan secara bertahap dengan mendatangi kantor-kantor / Sekretarian partai tersebut.

“Selama tiga hari kemarin kami sudah melakukan verifikasi terhadap 12 partai sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi,” kata Anggota Divisi Hukum KPU Jabar Agus Rustandi saat dihubungi, Rabu (31/1/2018).
Partai-partai yang memenuhi syarat verifikasi faktual yaitu PDIP, Golkar, PKS, Gerindra, PPP, PKB, PBB, NasDem, Hanura, PKPI, PAN, dan Demokrat. Sebelumnya, partai-partai tersebut sudah diverifikasi di tingkat pusat. Agus menuturkan,  KPU Jabar sudah memeriksa kelengkapan dokumen SK kepengurusan partai-partai tersebut, termasuk keterlibatan perempuan dalam kepengurusan partai. “Termasuk juga mengecek status kantor setiap partai, semuanya sudah memenuhi syarat,” ucap Agus.

Agus mengatakan saat ini tengah melakukan verifikasi di 27 kabupaten kota di Jabar. Nantinya, hasil verfikasi tersebut akan dikumpulkan di KPU Jabar untuk diserahkan ke Komosi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) di Jakarta. “Nanti KPU RI yang menentukan apakah partai-partai tersebut lolos verifikasi faktual sebagai peserta Pilpres 2019,” ujar Agus.  (Redaksi Bakin)